Posted by : Fidela Valiant Senin, 22 April 2013



Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat.

     Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.
Garis besarnya kita memakai komputer untuk:
  • personal: browse internet dan pakai microsoft office
  • bisnis: seperti personal tapi perlu lebih banyak RAM memory dan lebih cepat CPU
  • multi-media editor: seperti bisnis tapi perlu graphic card yang lebih cepat
  • gamer: seperti multi-media editor tapi mau semuanya serba cepat
1. CPU – Intel atau AMD
     Saya pilih Intel mau Core, Pentium, Celeron, Atom, Xeon atau Itanium. Core lebih baru, Pentium sudah lama, Celeron untuk laptop, Atom untuk netbook, Xeon dan Itanium untuk server. Intel website menyediakan bantuan untuk memilih jenis CPU yang cocok untuk berbagai kegiatan.
     Pilih Core — Core dibagi menjadi 3 kategori: Core, Core 2 Duo dan Core 2 Quad. Pembagian ini hanya untuk marketing dan sangat membingungkan. Untuk Core nomor processornya dimulai dengan huruf “i” seperti “i7″, untuk Core 2 Duo dimulai dengan huruf “E” seperti “E8500″ sedangkan Core 2 Quad dimulai dengan huruf “Q” seperti “Q9550S”.
     Pilih Core, lalu mau i3, i5, i7,  — i3 ditargetkan sebagai low-end untuk personal dan bisnis. i5 untuk medium dan i7 sebagai high-end. Saya pilih i5.  Kode nomor Core CPU mempunyai huruf akhir K, S dan T.
  • K – unlocked, cocok bagi mereka yang hobby overclocking
  • S – untuk performance
  • T – untuk power
     Intel Core juga punya dua versi: “2nd generation” dan “previous generation”. Saya pilih Inter Core i5-2500K, CPU ini support overclocking.


2. Motherboard
     Pilihan CPU mempengaruhi pilihan motherboard. Motherboard juga berbeda untuk Intel atau AMD dan juga CPU architecture. Perusahaan motherboard yang terkenal adalah Asus, MSI, Gigabyte, dan Intel. Karena saya pilih Intel Core i5-2500K maka saya harus cari motherboard untuk Intel CPU dan support Sandy Bridge architecture. Beli Gigabyte Z68XP-UD3 karena harga dan fitur yang menarik. Motherboard ini support PCIe3, SATA3 (6.0 Gbit/s transfer rate), USB3, SLI dan Crossfire graphic card, dan chipset Z68. SLI/Crossfire berguna untuk pasang 2+ graphic card — katanya sih untuk mempercepat graphicnya .



3. Graphic Card
     Pilihan graphic card tergantung motherboard terutama jika kita mau memasang lebih dari satu graphic card (SLI atau Crossfire). Graphic card sangat bervariasi, seperti CPU, selain kecepatan juga build-in memory. Akhirnya saya pilih EVGA 01G-P3-1561 GTX 560 Ti dengan 1 GB memory.

4. RAM
     Saya beli G.Skill Ripjaws Series 8GB (2 x 4GB) DDR3 karena lebih murah aja.



5. Hard-disk
     Pilih berapa besar dan kecepatan. Kecepatan rotasi HD pada umumnya adalah 5400 RPM dan 7200 RPM. Pilih yang 7200RPM untuk desktop. 5400RPM biasanya untuk laptop karena semakin pelan berputar mengeluarkan panas lebih sedikit/rendah. Saya beli Seagate Barracuda ST31000524AS 1TB 7200 RPM SATA. HD ini hanya support SATA2 (data transfer 3 GBit/sec).





6. CD-DVD burner
     Pilih Asus DRW-24B1ST SATA 24X sedikit murah tapi bagus.


 



7. PSU atau Power Supply Unit

     Ukuran power supply sangat penting karena semua komponent komputer menggunakan listrik. Cek website ini untuk menghitung keperluan power supply. Saya hitung perlu sekitar 450W tapi untuk amannya beli yang 600W — OCZ ModXStream Pro 600W yang kompatibel dengan Sandy Bridge motherboard.



8. Case
     Pilih tergantung selera. Saya dapat Rosewill Gear X3 Gaming ATX mid-tower.

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. Total COST yang dikeluarkan berapa itu gan ?
    Thanks ...
    share ke sini yah :
    0819 4442 4443 :)

    BalasHapus
  2. Thanks ka infonya :) Izin share ..
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-liver/
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-asma/
    http://kedaiacemaxs.com/obat-tradisional-radang-sendi/

    BalasHapus

- Copyright © Fidela Valiant - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -