Posted by : Fidela Valiant Sabtu, 04 Mei 2013

Panduan instalasi Linux Ubuntu V.9.04 Berbasis Text



Masukan CD Ubuntu 9.04 text ke dalam drive CD/DVD-ROM. Jika komputer belum langsung boot melalui CD/DVD, reboot komputer dan atur urutan First-Boot BIOS dari CD/DVD-ROM.


Tunggu beberapa saat hingga installer Ubuntu 9.04 text menampilkan pilihan boot seperti terlihat pada berikut. Pilih option "Install Ubuntu" dan tekan Enter untuk masuk ke menu instalasi Ubuntu. Namun jika Anda ingin menginstalasikan Ubuntu sebagai LTSP server, tekan F4 untuk masuk ke menu Modes, lalu pilih opsi Install an LTSP server.


Pada halaman awal menu instalasi Ubuntu 9.04 adalah menu pemilihan bahasa. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan pada saat proses instalasi, kemudian tekan Enter.


Pada menu pilihan keyboard, default keyboard layout adalah USA. Jika masih belum yakin, silahkan test mengetikan karakter pada test box yang telah disediakan. Setelah yakin dengan pilihan Anda, tekan Enter.


Pada pilihan zona waktu, klik pada peta atau pilihan kota untuk menentukan zona waktu yang ingin Anda gunakan, kemudian tekan Enter.


Langkah selanjutnya adalah tahapan yang terpenting, yakni tahapan persiapan pembuatan partisi. Terdapat beberapa pilihan pada menu ini, yaitu:
  • Guided - Use entire disk. Option ini akan menggunakan seluruh kapasitas harddisk yang ada untuk proses instalasi.
  • Guided - Use entire disk and setup LVM. Option ini akan menggunakan seluruh kapasitas harddisk yang ada untuk proses instalasi, dan dijadikan 96%sebagai partisi LVM (Logical Volume Manager).
  • Guided - Use entire disk and setup encrypted LVM. Option ini akan menggunakan seluruh kapasitas harddisk yang ada untuk proses instalasi, dan dijadikan sebagai partisi LVM (Logical Volume Manager) yang terenkripsi.
  • Manual. Pilihan ini memberikan Anda kebebasan untuk membuat partisi secara manual. Selama dilakukan dengan hati-hati, pilihan ini tergolong aman. Sebagai latihan untuk membuat partisi, pilih option Manual lalu tekan Enter.

Selanjutnya adalah halaman pembuatan partisi. Proses instalasi membutuhkan setidaknya 2 partisi, yakni partisi sistem dan partisi swap. Pada Gambar dibawah, terlihat partisi sebesar +/- 15 GB. Klik pada bagian partisi yang besar, lalu klik Create.


Tahapan pertama kita akan membuat partisi sistem. Tentukan besarnya ukuran partisi sistem yang ingin digunakan dalam kotak New partition size (dalam contoh ini partisi sistem diberikan ukuran 14501 MB atau +/- 14 GB). Pada option Use as, pilih Ext3/Ext4 journaling sebagai tipe filesystem yang akan digunakan. Untuk pilihan Mount point, isikan dengan /. Setelah selesai, klik OK.


Langkah kedua adalah pembuatan partisi swap. Klik pada kolom device yang masih bertuliskan free space, lalu klik button New partition table.


Tentukan besar ukuran partisi swap yang ingin digunakan. Pada umumnya, besar partisi swap adalah 2x besar ukuran RAM. Pada option Use as, pilih swap area, lalu klik OK.


Proses pembuatan partisi sistem dan partisi swap telah selesai dilakukan. Hasilnya dapat terlihat seperti pada Gambar dibawah ini. Setelah yakin dengan pembuatan partisi, pilih opsi Finish partitioning and write changes to disk.


Tak berapa lama kemudian, akan tampil halaman Partition Disk. Pilih opsi Yes, untuk melakukan proses perubahan ke harddisk.


Berikutnya adalah halaman Set up users and password. Anda diminta untuk memasukan nama dan password yang akan digunakan pada sistem Ubuntu Anda. Untuk user, jangan gunakan wild character. Untuk password, isikan dengan gabungan karakter yang sulit ditebak namun mudah Anda ingat.


Proses instalasi akan segera berlangsung. Tunggu beberapa saat hingga tahapan instalasi ini selesai dilakukan.


Proses instalasi selesai. Keluarkan CD dari drive CD-ROM, lalu Restart PC Anda.


Setelah PC di restart, pada menu GRUB pilih Ubuntu 9.04 untuk masuk ke halaman desktop Ubuntu 9.04.


Sampai tahapan ini, Anda dapat segera menikmati keindahan desktop Ubuntu 9.04.



Mohon maaf jika ada kesalahan di setiap panduan instalasinya , bila ada yang ingin disampaikan , jangan lupa untuk komentarnya , terima kasih .

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Izin Copy - Paste ya...
    Terima Kasih !

    BalasHapus
    Balasan
    1. peduli amat:v kcika kacika cika kacikacika kacikacika kacikacika kacika

      Hapus
    2. kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika kacika

      Hapus

- Copyright © Fidela Valiant - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -